Monday, May 7, 2012

Bersihin Karang Gigi, yuuukkkk.....

   Ngomong2 soal bersihin karang gigi, siapa hayo yg selama ini belum pernah bersihin....? Atau siapa yg sudah lamaaa sekali tidak ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi? Kalau anda salah satu orang yg tunjuk tangan, anda sebaiknya segera berkunjung ke dokter gigi untuk mendapat perawatan pembersihan karang gigi atau dikenal dengan istilah Scalling.

Kenapa sih membersihkan karang gigi itu penting?

   Dalam pembersihkan karang gigi, tidak hanya karang gigi yg dibersihkan, tetapi juga plak, sisa2 makanan, dan staining (pewarnaan gigi) akibat konsumsi makanan/minuman berwarna seperti teh, kopi, atau karena merokok. Plak dan karang gigi sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut, sedangkan staining tidak berbahaya tetapi mengurangi keindahan penampilan. 
   
   Plak merupakan kumpulan dari sisa2 makanan, bakteri dan cairan dalam mulut yg berwarna kekuningan. Sedangkan karang gigi merupakan kumpulan dari plak yg mengalami pengerasan oleh mineral2 dalam mulut. Mineral2 dalam mulut ini didapatkan dari ludah serta cairan gusi (cairan krevikular). Plak, karang gigi, dan stain dapat dengan mudah kita kenali koq (lihat gambar...). Karang gigi ada yg terlihat dalam mulut karena posisinya di atas gusi, ada juga yg posisinya di dalam gusi sehingga tidak terlihat. Biasanya karang gigi yg di dalam gusi ini berwarna kehitaman karena bercampur dengan darah, dan lebih berbahaya dari yg di atas gusi.

Plak gigi
Karang gigi
Stain akibat teh/kopi/minuman bersoda/makanan berwarna
Tobacco stain / akibat merokok
   Plak dan karang gigi mengandung bakteri dan racun2 yg dihasilkan oleh bakteri tersebut dapat mengakibatkan radang pada gusi atau disebut dengan gingivitis. Tampilannya berupa gusi yg berwarna merah terang, terjadi pembengkakan, mudah berdarah, namun biasanya tidak terasa sakit. Permukaan karang gigi yg kasar dapat memperparah keadaan karena menjadi tempat yg lebih memungkinkan plak untuk menempel.

Gingivitis
Gusi sehat
   Bila kondisi tersebut dibiarkan, penyakit bisa bertambah parah. Peradangan bisa meluas, dari peradangan gusi menjadi semakin dalam sehingga mempengaruhi jaringan penyangga gigi yaitu tulang. Kondisi seperti ini disebut dengan periodontitis atau radang jaringan penyangga gigi. Dalam kondisi normal, antara gigi dan gusi terdapat semacam kantong fisiologis yang dalamnya kira2 0-3mm diukur dari leher gigi. Nah, bila terjadi peradangan gusi atau radang jaringan penyangga gigi atau keduanya, maka kedalaman kantong (pockets) ini akan bertambah. Semakin dalam, menandakan infeksi bakteri semakin parah dan dapat merusak tulang penyangga gigi. Akibatnya lama-kelamaan tulang habis dan gigi menjadi goyang karena kehilangan penyangganya. Kondisi ini sangat menyedihkan karena sewaktu-waktu gigi dapat lepas padahal mungkin gigi tersebut utuh, tidak ada kerusakan karna lubang. :(  Biasanya dapat terlihat dari tampilan gusi membengkak dan gigi terlihat lebih panjang. Saat terjadi periodontitis, seseorang bisa mengalami perdarahan gusi yg spontan, dan rasa gatal pada gusi, merasa gusi enak kalau ditekan atau dikorek.


Periodontitis
Apa yang harus dilakukan??

   Untuk mencegah segala hal tersebut terjadi, sangat simpel. Kita hanya perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan teratur menggosok gigi 2x sehari (pagi dan malam), serta membersihkan karang gigi setiap 6bulan sekali di dokter gigi. Bagi yg sudah terlanjur mengalami peradangan gusi, segera bersihkan karang gigi untuk mencegah terjadinya penyakit yg lebih lanjut. Bila sudah terlanjur parah, jangan berkecil hati, gigi masih bisa diselamatkan bila dilakukan pembersihan karang gigi menyeluruh dan mendalam (deep scalling) disertai kuretase (pembersihan jaringan terinfeksi pada gusi), serta pemberian obat2an minum dan/atau obat kumur. Kadang2 perlu dilakukan pembedahan kecil pada gusi apabila infeksi dan peradangan sudah sangat dalam. 

Catatan Tambahan

   Terkadang, pada ibu hamil dapat terjadi peradangan pada gusi. Ini disebabkan karena perubahan hormonal saat kehamilan. Tidak perlu khawatir, hal ini bisa dicegah dengan pembersihan karang gigi dulu sebelum merencanakan kehamilan, dan pada saat hamil harus lebih ekstra menjaga kebersihan gigi dan mulut. 
   Orang-orang yang kadar kalsium dalam ludahnya tinggi, biasanya karang giginya banyak dan cepat terbentuk. Oleh karena itu pembersihan karang gigi adalah wajib. Namun, dengan kadar kalsium yg tinggi tersebut mereka memiliki keuntungan, yaitu biasanya gigi mereka kuat dan jarang bolong.
   
   Nah, sekarang sudah lebih jelas kan mengenai untung ruginya memiliki karang gigi dan kenapa kita harus membersihkan karang gigi secara rutin.... Jadi, yok beramai-ramai bersihkan karang gigi...!! Gigi bersih dan sehat, senyum indah, napas lebih segar, percaya diri pun bertambah. ^___^

 





2 comments:

  1. Siang dok, saya mau tanya. Proses scalling itu tepatnya seperti apa ya? Apa bisa dilakukan pada gigi yang ditambal? Karena saya merasa belakangan ini gusi bagian geraham saya sepertii bengkak. Mungkin apa yang terjadi pada gigi saya sama kasusnya sperti apa yang dokter bahas ini. Tapi masalahnya ini terjadi pada gigi yang ditambal dok. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. wah maaf baru sempat balas.. scaling itu adalah pembersihan karang gigi. Sekarang ini biasanya dilakukan menggunakan alat ultrasonik yaitu dengan sistem getaran, sehingga tidak mengikis gigi. Karena prinsip kerjanya adalah memberi getaran pada 2 benda yg saling menempel (karang gigi dengan gigi) sehingga keduanya saling lepas. Tetapi ada juga yg secara manual yaitu menggunakan alat yg dioperasikan dengan tangan dokter, tidak ada mesinnya. Gerakannya seperti mengorek sehingga karang gigi terangkat dari gigi. Prosedur manual ini lebih lama dan biasanya lbh tidak nyaman.
    Pada gigi yg ditambal bisa juga berdarah dari gusi karena berbagai alasan misalnya ada karang gigi yg menumpuk d dalam gusi, atau karena suka terselip makanan sehingga gusi tertekan, bengkak dan mudah berdarah. Tetapi harus diteliti lagi kondisinya. Bisa pula bengkak nya ini bukan karena kedua hal tsb, melainkan karena masalah di dalam gigi, misalnya gigi telah mati dan busuk sehingga timbul bengkak.
    Kalau memang karena karang gigi, masalah anda bisa selesai dengan pembersihan karang. Kalau karena terselip makanan, bisa dengan flossing (penggunaan benang gigi) atau tambalan diganti menjadi lbh baik kontaknya dengan gigi sebelah. Kalau karena gigi mati dan busuk perlu dilakukan perawatan saluran akar..
    Semoga membantu.. :)

    ReplyDelete

Please drop some comments :-)